YAYASAN YATIM PIATU AL AKHYAR
Rekening : BANK MANDIRI KCP Jkt Kawasan Komersial Cilandak No. : 127-00-9814246-4
Menyantuni Yatim dan Du'afa
Jalan Benda Kemang Selatan Gang Masjid no. 10 Pasar Minggu Jakarta Selatan 12560 phone ( 021 ) 7801169 - 7801689

Sabtu, 21 November 2015

PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM menurut AL GHAZALI

PENDAHULUAN

Kemunculan dan perkembangan Islam tentu membawa ke arah perubahan, juga tak lepas dari peran para tokoh Islam. Namun, bersamaan dengan perputaran dunia, modernisasi dan pengembangan ilmu pengetahuan dari hari ke hari yang semakin berkembang, malah akhir-akhir ini membuat banyak generasi muda tidak mengenal para tokoh Islam yang sangat berpengaruh terhadap kemajuan dunia pendidikan tersebut, salah satunya Al Ghazali.
Al-Ghazali merupakan salah satu tokoh Muslim yang pemikirannya sangat luas dan mendalam dalam berbagai hal diantaranya dalam masalah pendidikan. Pada hakikatnya usaha pendidikan menurut Al-Ghazali adalah dengan mengutamakan beberapa hal yang diwujudkan secara utuh dan terpadu karena konsep pendidikan yang dikembangkannya berawal dari kandungan ajaran dan tradisi Islam yang menjunjung berprinsip pendidikan manusia seutuhnya. Di zaman yang modern ini sangat relevan untuk mengetahui konsep pendidikan dari tokoh Muslim terkemuka ini.
Maka dalam makalah ini, akan dibahas mengenai siapa sesungguhnya Al-Ghazali dan bagaimana konsep pendidikan menurutnya yang meliputi subjek didik, kurikulum, metode dan evaluasi pendidikan.